PENGENALAN KOMPONEN UI (PickerView & ListView) DAN PENGGUNAAN APPLICATION RESOURCE PADA ANDROID STUDIO

    Assalamualaikum Wr.Wb  salam sejahtera semuanya salam sejah tera semuanya, kali ini ini saya akan membahas PENGENALAN KOMPONEN UI (PickerView & ListView)DAN PENGGUNAAN APPLICATION RESOURCE PADA ANDROID STUDIO
 Teori Singkat
❖ Application Resource
Aplikasi yang bagus adalah aplikasi yang mengakses sumber daya secara programatikal dari pada menggunakannya secara hardcoding ke dalam source code. Ada beberapa alasan Menyimpan resource di suatu merupakan pengembangan yang lebih terorganisasi. Mengeksternalisasikan sumber daya seperti string akan memudahkan untuk menglokalisasikan aplikasi untuk bahasa-bahasa yang berbeda berdasarkan daerah geografis. Selain itu, pembuatan string resource juga akan memudahkan jika string digunakan beberapa kali dan terjadi perubahan. Kita hanya perlu mengubah satu nilai string resource tanpa harus mengubahnya di source code satu persatu.

❖ Apa itu Application Resource
Semua aplikasi android dibuat dengan dua hal : fungsionalitas (instruksi kode) dan data (sumber daya). Fungsionalitas adalah kode yang menentukan bagiamana aplikasi akan bekerja, di dalamnya terdapat algoritma yang membuat aplikasi berjalan. Sumber daya (resource) berupa text string, style & theme, color, dimension, image & icon, audio, video, dan data lainnya yang digunakan oleh aplikasi.
❖ Lokasi Application Resource
File sumber daya Android disimpan secara terpisah dari file kelas .java di project Android. Pada umumnya sumber daya disimpan dalam XML. Semua sumber daya harus dibuat di direktori project /res di dalam sub-direktori tertentu.

 1. komponen Timer 

    TimePicker berfungsi untuk membantu user memilih waktu yang diinginkan untuk diinputkan pada aplikasi Android. Dalam penerapannya, TimePicker banyak digunakan pada aplikasi Alarm, calendar, reminder, to-do list, ticket reservation dan aplikasi lainnya yang membutuhkan user untuk menginputkan waktu (jam dan menit) di aplikasi.

 1. Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :

            a. Pilih Start → Android Studio
            b. Pilih → Start a new Android Studio Project
            c. Pilih → Empty Activity → Next

        Configure Your Project

     Name → TimePicker
     Package Name → ubah menjadi nama blog kalian masing-masing, di sini saya menggunakan url                                         blog saya krisnasites.com 
    Save Location →save difolder penyimpanan masing-masing
    Language → Java
    Minimum API Level → API 16 → Klik Finish

  2Maka akan Tampil IDE Android Studio, setelah itu Ketikan script pada file activity_main.xml                seperti text dibawah ini.



    dan ketikan juga scrip dibawah ini di MainActivity.java



3. Setelah itu Run


2. komponen Date Picker

    DatePicker berfungsi untuk membantu user memilih tanggal yang diinginkan di aplikasi Android. Pada penerapannya, DatePicker banyak digunakan pada aplikasi yang membutuhkan penginputan tanggal. Seperti aplikasi pemesanan tiket, aplikasi reminder, to do list dan sebagainya

 1. Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :

            a. Pilih Start → Android Studio
            b. Pilih → Start a new Android Studio Project
            c. Pilih → Empty Activity → Next

        Configure Your Project

     Name → DatePicker
     Package Name → ubah menjadi nama blog kalian masing-masing, di sini saya menggunakan url                                         blog saya krisnasites.com 
    Save Location →save difolder penyimpanan masing-masing
    Language → Java
    Minimum API Level → API 16 → Klik Finish

  2Maka akan Tampil IDE Android Studio, setelah itu Ketikan script pada file activity_main.xml                seperti text dibawah ini

 dan ketikan juga scrip dibawah ini di MainActivity.java


.
3. Setelah itu Run

3. komponen ListView

        ListView adalah salah satu widget yang digunakan untuk menampilkan data atau nilai dalam bentuk daftar/list, nilai atau data yang ditampilkan pada ListView tersebut didapat dari sebuah Array atau Database yang sudah ditentukan. ListView pada saat ini sudah tergantikan dengan RecyclerView yang memiliki konsep Material Design, karena lebih custom dan juga dapat mengatur tampilan layoutnya

 1. Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :

            a. Pilih Start → Android Studio
            b. Pilih → Start a new Android Studio Project
            c. Pilih → Empty Activity → Next

        Configure Your Project

2. Edit source code nya langsung dengan mengaktifkan menu Split atau Code di pojok kanan atas , dengan script dibawah ini

3. Kemudian tambahkkan fungsi untuk menampilkan hasil inputannya pada file MainActivity.java sehingga codingan seperti dibawah in

4. Hasil output setelah di Run

 

4. komponen Application Resource

    Application Resource Semua aplikasi android dibuat dengan dua hal : fungsionalitas (instruksi kode) dan data (sumber daya). Fungsionalitas adalah kode yang menentukan bagiamana aplikasi akan bekerja, di dalamnya terdapat algoritma yang membuat aplikasi berjalan. Sumber daya (resource) berupa text string, style & theme, color, dimension, image & icon, audio, video, dan data lainnya yang digunakan oleh aplikasi.

 1. Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :

            a. Pilih Start → Android Studio
            b. Pilih → Start a new Android Studio Project
            c. Pilih → Empty Activity → Next

        Configure Your Project

2. Edit source code nya langsung dengan mengaktifkan menu Split atau Code di pojok kanan atas , dengan script dibawah ini


3. Membuat Sebuah String Resource sebagai penentu id atau title Untuk setiap teks yang ingin ditampilkan di aplikasi (misalnya label sebuah Button dan teks didalam TextView), kita pertama harus mendefinisikan dulu teks tersebut di dalam berkas /res/values/strings.xml
4.  Mendefinisikan Color Resource sebagai penentu warna Selain string resource seperti contoh di atas, kita juga dapat membuat color resource di dalam berkas /res/values/colors.xml.   sebagai berikut:

5. 
Mendefinisikan Dimension Resource sebagai penentu ukuran Saat menentukan ukuran kita menggunakan beberapa unit misalnya 16dp untuk ukuran margin dan 12sp untuk ukuran font. Dimensi ini mesti kita definisikan di berkas dimens.xml sebagai berikut: 

6. Kemudian tambahkkan fungsi untuk menampilkan hasil inputannya pada file MainActivity.java sehingga codingan seperti dibawah in
7. Hasil output setelah di Run



5. Latihan Praktikum

1. Pertama jalankan aplikasi IDE Android Studio, caranya :

            a. Pilih Start → Android Studio
            b. Pilih → Start a new Android Studio Project
            c. Pilih → Empty Activity → Next

        Configure Your Project

2. Edit source code nya langsung dengan mengaktifkan menu Split atau Code di pojok kanan atas , dengan script dibawah ini


3. Membuat Sebuah String Resource sebagai penentu id atau title Untuk setiap teks yang ingin ditampilkan di aplikasi (misalnya label sebuah Button dan teks didalam TextView), kita pertama harus mendefinisikan dulu teks tersebut di dalam berkas /res/values/strings.xml
4.  Mendefinisikan Color Resource sebagai penentu warna Selain string resource seperti contoh di atas, kita juga dapat membuat color resource di dalam berkas /res/values/colors.xml.   sebagai berikut:

5. Mendefinisikan Dimension Resource sebagai penentu ukuran Saat menentukan ukuran kita menggunakan beberapa unit misalnya 16dp untuk ukuran margin dan 12sp untuk ukuran font. Dimensi ini mesti kita definisikan di berkas dimens.xml sebagai berikut: 
6. Kemudian tambahkkan fungsi untuk menampilkan hasil inputannya pada file MainActivity.java sehingga codingan seperti dibawah in
7. Hasil output setelah di Run

Semoga bermanfaat buat semuanya :)

Komentar

Postingan Populer